Minggu, 28 Agustus 2011

Panduan Fakultas Teologi (5)


BAB III
TATA LAKSANA PROSES BELAJAR MENGAJAR
A.     Mutu Akademik
Kurikulum yang dijabarkan pada bab sebelumnya bertujuan memfasilitasi peserta belajar menjadi pelayan dan pendidik yang memiliki:
a.      Pengetahuan dan ketrampilan mengembangkan ilmu teologi secara kontekstual sehingga memampukan warga gereja di pedesaan membangun  kehidupannya di berbagai bidang, dalam rangka menjawab tantangan lokal, nasional  dan global.          
b.      Pengetahuan dan keterampilan metodologi – hermeneutis Alkitabiah yang mengacu pada pergumulan masyarakat pedesaan sehingga menghasilkan teologi Alkitabiah yang dialogis dan kontekstual.
c.       Pengetahuan dan ketrampilan yang mencerminkan kemampuan dasar untuk menjadi pelayan dan pendidik profesional.          
Dari tujuan itu mengisyaratkan bahwa proses belajar-mengajar untuk rumpun, dan atau matakuliah haruslah menjadikan pergumulan masyarakat lokal sebagai acuan konteks. Fakultas Teologi mencoba menjawabnya dengan mendesain tata laksana PBM sebagaimana di bawah ini.
1.      SISTEM KREDIT SEMESTER
Dalam proses perkuliahan menggunakan Sistem Kredit Semester. Sistem kredit adalah sistem penyelenggaraan pendidikan dengan beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar, dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan yang dinyatakan dalam kredit. Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Satu semester setara dengan 16-19 minggu kerja. Satuan kredit atau biasa disebut Satuan Kredit Semester (SKS) juga merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas usaha secara kumulatif bagi suatu program tertentu, besarnya beban akademik untuk menyelenggarakan pendidikan (misalnya menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana, pengaturan jadwal, tenaga dosen dan sebagainya). Satuan kredit dimaksud biasanya dinyatakan dengan angka yang menunjukan nilai tertentu, misalnya 2 atau 3 sks, yang di dalamnya mengisyaratkan sejumlah kegiatan tertentu yang mesti dilakukan. Beban akademik itu diatur seperti berikut:
·         Untuk Mahasiswa
Untuk matakuliah dengan bobot atau SKS,maka waktu yang digunakan adalah 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar, 60 menit acara kegiatan akademik terstruktur (kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar) seperti mengerjakan pekerjaan rumah, penyelesaian soal-soal dan lain dan kegiatan akademik mandiri.
·         Untuk Tenaga Pengajar
Untuk matakuliah dengan bobot satu SKS, maka waktu yang digunakan adalah 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan mahasiswa, 60 Menit acara perencanaan dan evaluasi kegiatan akademik terstruktur, dan 60 menit acara pengembangan materi kuliah.
Penerapan sistem kredit semester mengisyaratkan :
·         Setiap mata kuliah diberi nilai kredit yang besarnya bervariasi antara 2 sampai 4 sks dan 6 sks untuk praktek (Prodi PAK) dan skripsi.
·         Kurikulum disusun dengan memperhatikan urutan, bobot jenjang mata kuliah.
·         Dalam semester ganjil dan genap ditentukan sejumlah mata kuliah yang ditawarkan secara terjadwal.
·         Mahasiswa diberikan kebebasan memilih mata kuliah yang ditawarkan persemester sesuai dengan minat dan kemampuan, berdasarkan bimbingan dan petunjuk Dosen Penasehat Akademik.
·         Pengakuan hasil belajar mahasiswa dituangkan ke dalam Kartu Hasil Studi (KHS) dan atau Transkirp.
2.      Cresh Proggram
Model perkuliahan seperti ini merupakan gagasan yang membantu mahasiswa yang hendak meningkatkan diri dalam bidang keilmuan dan karier serta pelayanan di jemaat. Mahasiswa pada program ini disebut mahasiswa non-reguler.
3.      Pasca Sarjana
Adalah perkuliahan yang diperuntukan untuk jenjang S1 guna meraih Magister Theologiae. Perkuliahan ini terfokus pada studi Pembangunan Jemaat. Program ini menitikberatkan pada peningkatan wawasan teologis mahasiswa, sehingga mampu berteologi secara kontekstual dan mandiri. Tujuan program MTh adalah membangun teologi Kristen Indonesia yang ekumenis, injili dan kontekstual, berakar pada berita Alkitab, terbuka untuk berdialog dengan tradisi-tradisi agama lain, sensitif terhadap persoalan-persoalan aktual yang dihadapi gereja dan masyarakat Indonesia, serta tanggap terhadap kesempatan maupun tantangan dalam globalisasi di abad ke 21 ini. Penerimaan mahasiswa baru diadakan pada setiap semester, yaitu pada bulan Januari dan Agustus. Program MTh dapat diambil secara part time maupun full time. Gelar MTh diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan 45 sks termasuk 9 sks tesis.

B.   Input
Yang menjadi peserta belajar pada Fakultas ini adalah tamatan SMU dan sederajat, tamatan S1 serta Majelis Jemaat GMIH.

C.   Tenaga
1.      Edukatif
Pengajar di fakultas ini adalah mereka yang memiliki kompetensi sesuai bidang ilmunya dan telah memenuhi standar pemerintah yakni berkualifikasi S2.
2.      Adminstratif
Fakultas ini memiliki tenaga adminstratif yang profesional.

D.  Waktu Perkuliahan
Mengacu pada kurikulum maka lamanya perkuliahan mahasiswa ditempuh:
1.   Mahasiswa Reguler
Dengan menggunakan Sistem Skredit Semester maka lama studi mahasiswa dapat ditempuh antara 8 sampai 14 semester, yang dibagi kedalam dua semester dan masing-masing semester lamanya waktu penyelenggaraan pendidikan tidak lebih dari 18 minggu, sehingga lama studi mahasiswa dapat lebih pendek atau sama dengan 8 semester bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk mengambil beban kredit maksimal (24 sks) pada setiap semester atau mahasiswa dapat mengatur percepatan masa studinya dengan kemampuan maksimal. Dengan kata lain, lamanya studi mahasiswa S1 Teologi dan S1 PAK 8-14 semester dan Pasca Sarjana (S2) lamanya 4-6 semester.
2.   Mahasiswa non-reguler lamanya 3-6 bulan.

E.   Prosedur Perkuliahan
1. Perencanaan Perkuliahan
Pada setiap semester sebelum perkuliahan diselenggarakan, dilakukan perencanaan perkuliahan berupa penyusunan jadwal perkuliahan, penentuan dosen pengasuh matakuliah dan penentuan proses akademik. Jadwal perkuliahan memuat nama-nama mata kuliah yang ditawarkan, berikut dosen pengasuh mata kuliah, ruangan yang dipergunakan dan prasyarat untuk satu mata kuliah. Penentuan  dosen mata kuliah secara proporsional. Sedangkan proses akademik memuat waktu dan proses pendaftaran kuliah, perkuliahan, ujian-ujian dan sebagainya.

2. Penyusunan Jadwal Perkuliahan
Jadwal perkuliahan harus selesai disusun paling lambat 2 (dua) minggu sebelum masa pendaftaran kuliah mahasiswa berlaku. Penyusunan jadwal perkuliahan pada tahap pertama dilakukan oleh program studi, kemudian tahap berikutnya dikonsultasikan dengan fakultas, lalu diserahkan kepada Wakil Rektor I UNIERA.
Dalam penyusunan jadwal perkuliahan harus diperhatikan penunjukan dosen untuk mengasuh mata kuliah secara proporsional. Jadwal perkuliahan yang selesai disusun, selanjutnya ditetapkan dengan surat keputusan Rektor agar menjadi ketetapan mengikat untuk semua pihak dan tidak mudah untuk berubah.
Ketentuan Pokok dalam Penyusunan Dosen Pengasuh Mata Kuliah.
a.  Berpangkat Lektor bagi yang berpendidikan S2 dan harus sesuai dengan bidang keahliannya.
b. Berpangkat Lektor Kepala ke atas bagi yang berpendidikan S1 dan harus sesuai dengan bidang keahliannya.
c.  Berpendidikan S3 dan sesuai dengan bidang keahliannya.
d. Mereka yang belum memenuhi ketentuan di atas berkedudukan hanya sebagai Asisten Dosen, tidak berkedududkan penuh untuk mengasuh suatu mata kuliah.
e. Khusus untuk pengangkatan dosen tidak tetap / baru harus ditempuh prosedur yang diatur dalam Keputusan Rektor UNIERA atau BP YPKH.
f. Penunjukan dosen tidak tetap untuk mata kuliah tidak boleh lebih dari dua mata kuliah, namun diperkenankan mengasuh banyak kelas pararel.
g. Pendaftaran Kuliah
Pendaftaran kuliah dilakukan pada setiap awal semester yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Pendaftaran kuliah mencakup pemenuhan kewajiban administrasi keuangan dan akademik agar tetap memperoleh status sebagai mahasiswa terdaftar untuk mengikuti kuliah, ujian dan kegitan akademik lainnya.

3.      Prosedur Pendaftaran Kuliah
a. Mengambil blanko di Biro Keuangan dengan menunjukan bukti kwitansi pembayaran Biaya Tetap Semester.
b. Mengambil Kartu Hasil Studi (KHS) di Tata Usaha (TU) Fakultas dengan menunjuk blanko KRS.
c. Berkonsultasi dengan Penasehat Akademik (PA) dalam merencanakan dan menentukan mata kuliah yang akan diambil pada semester bersangkutan sesuai dengan jadwal mata kuliah yang ditawarkan.
d. Menyerahkan KRS yang telah diisi dan ditandatangani PA dan Ketua Program Studi ke TU Fakultas untuk didaftar sebagai peserta mata kuliah.
·      Pengisian dan Pengumpulan DRS:
ü  Pengambilan KRS :
1.      Membayar SPP di Bank
2.      Menunjukkan Bukti Pembayaran SPP dari Bank Kebendahara
3.      Mengambil KRS di BAAK dengan membawa bukti lunas SPP dari Bendahara
ü  Pengisian KRS :
1.      KRS sudah diisi sebelum perkuliahan dilaksanakan
2.      Dalam pengisian KRS mahasiswa yang bersangkutan harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan Dosen Penasehat Akademik (PA) untuk mendapatkan petunjuk pengisian KRS dan nasehat-nasehat lainnya
3.      Setelah mendapat persetujuan dari dosen PA,maka mahasiswa yang bersangkutan telah dapat mengisi KRS-nya
4.      Pengisian KRS harus memperhatikan kompetensi (IPK) mahasiswa yang bersangkutan kecuali pendidikan semester 1 (bersarkan paket)
5.      KRS diisi rangkap tiga kemudian ditandatangani oleh mahasiswa yang bersangkutan dan dosen PA serta Kepala Program Studi.
6.      KRS diserahkan kepada Program Studi.
Perubahan dan Penukaran KRS, Dalam masa perkuliahan dan/atau praktek,mahasiswa yang bersangkutan ingin mengubah rencana studi, dapat dibenarkan mengubahnya dengan ketentuan sebagai berikut:
1.      Perubahan, penukaran dan pembatalan matakuliah hanya diperkenankan dalam batas waktu 4 (empat) hari sejak awal perkuliahan,
2.      Meminta nasehat PA terlebih dahulu. Jika setuju mahasiswa dapat membatalkan sebanyak tiga mata kuliah dan penggantinya atau penukarannya maksimum sejumlah SKS yang dibutuhkan dan setara dengan IP-nya.
3.      Mahasiswa yang terlambat melaporkan perubahan dan penukaran matakuliah dari batas waktu yang ditentukan dinyatakan tidak lulus dalam mata kuliah tersebut.
4.      Pada akhir semester, karena keadaan yang amat terpaksa sekiranya matakuliah yang ada di KRS tidak diberikan dalam semester tersebut, maka mahasiswa tersebut diperkenankan mengganti mata kuliah lain yang ada dengan persetujuan PA dan Kaprodi.
ü  Pengumpulan KRS :
1.      Pengumpulan KRS langsung ditangani oleh BAAK, setelah ditandatangani oleh PA dan Kaprodi setelah dimasukan di Prodi.
2.      Bagi mahasiswa yang terlambat mengembalikan KRS dari waktu yang ditetapkan, sebagaimana pada kalender akademik dianggap belum mengikuti kuliah dan kehadirannya dianggap tidak ada.
3.      Mahasiswa diwajibkan mengisi KRS setiap Semester walaupun beban studinya hanya tinggal skripsi. Skripsi yang telah diprogramkan dalam KRS harus selesai selambat-lambatnya 1 tahun.
4.Ketentuan Mengambil Mata Kuliah
a. Pengambilan mata kuliah harus memperhatikan prasyarat yang diwajibkan
b. Pengambilan mata kuliah tidak boleh melampaui jumlah beban kredit yang diperkenankan. Keberhasilan studi dinyatakan dengan Indek Prestasi (IP) dan Indek Prestasi Kumulatif (IPK). IP adalah angka yang menunjukkan prestasi mahasiswa untuk satu semester. IP dihitung menurut semester yang bersangkutan. IP dapat digunakan untuk mengikuti kemajuan belajar mahasiswa setiap semester dan menentukan jumlah pengambilan SKS semester berikutnya. IPK adalah angka yang menunjukkan prestsai mahasiswa mulai dari semester pertama sampai dengan semester terakhir yang sudah ditempuh secara kumulatif. IPK digunakan untuk mengikuti kemajuan belajar dan digunakan untuk menentukan sanksi akademis serta evalusi studi pada semester 4, 8 dan pada akhir program studi.
Untuk mencari IP dan IPK nilai huruf diubah terlebih dahulu menjadi bobot sebagai berikut :
A = 4
B = 3
C = 2
D = 1
E = 0
Penghitungan selanjutnya mempergunakan rumus sebagai berikut:
IP = Jumlah Nilai Mutu / Jumlah Kredit 
IPK = Jumlah Seluruh Nilai Mutu / Jumlah Seluruh Nilai Kredit
Nilai Mutu = Kredit mata kuliah tiap semester dikalikan dengan nilai bobot
Pengambilan paket mata kuliah pada satu semester harus sesuai dengan IP pada semester sebelumnya (lihat tabel) kecuali pada semester satu (sistem paket). Apabila paket tersedia pada Prodi kurang dari yang seharusnya ,maka yang bersangkutan boleh mengambil paket mata kuliah tambahan pada semester yang sedang berjalan.
Tolok ukur jumlah beban kredit adalah sebagai berikut :

Indeks Prestasi Semester (IPS)
Jumlah Beban Kredit
1,49 atau kurang
1,50 – 1,99
2,00 – 2,49
2,50 – 2,99
3,00 atau lebih
Maksimal 12 sks
Maksimal 15 sks
Maksimal 18 sks
Maksimal 21 sks
Maksimal 24 sks

Panduan Fakultas Teologi (4)

A.     PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
1.   VISI DAN MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
VISI: Tempat belajar guru agama yang baik (TERANGI)
MISI:
1.                  Menghasilkan tenaga pendidik yang professional
2.                  Menghasilkan tenaga pendidik yang berdedikasi dalam pengabdian.

2.  Kurikulum
Kurikulum program studi PAK berdasarkan Kurikulum Inti yang dikeluarkan oleh Departemen Agama Dirjen Bimas Kristen tahun 2007 yang juga mengacu pada UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan serta SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000 tentang Penyusunan kurikulum dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Nomor 045/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

3. Pembagian Mata Kuliah sesuai Kelompok Kompetensi
Berdasarkan latar belakang pemikiran  sebagaimana dijelaskan di atas, maka Kurikulum S-1 Teologi Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Fakultas Teologi Universitas Halmahera tahun 2009 – 2014 disusun sesuai kelompok kompetensi, yang dibagi menjadi 5 kelompok sebagai berikut:
1. MPK = Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
Kelompok mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
2. MKK = Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian
Kelompok mata kuliah ini bertujuan memberikan landasan penguasaan ilmu ketrampilan tertentu.
3. MKB            = Mata Kuliah Keahlian Berkarya
Kelompok mata kuliah ini bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
4. MPB            = Mata Kuliah Perilaku Berkarya                                   
Kelompok mata kuliah ini bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
5. MBB            = Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat
Kelompok mata kuliah ini bertujuan untuk dapat memahami kaidah berkehidupan masyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Fakultas Teologi Universitas Halmahera merupakan kombinasi antara kurikulum yang berlaku Nasional (Kurikulum Inti) dan kurikulum lokal (Institusional).

4. Keterangan Kode Mata Kuliah
Jumlah seluruh mata kuliah dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Fakultas Teologi Universitas Halmahera tahun 2008 adalah 66 mata kuliah, dan jumlah sks adalah 147. Demi memudahkan penulisan dan perincian matakuliah-matakuliah tersebut, dipergunakan Sandi (kode) yang terdiri dari 2 huruf Latin dan 4 angka Arab dengan ketentuan sebagai berikut:
A.      2 (dua) huruf Latin tersebut adalah:
1.      PK kode untuk Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
2.      KK kode untuk Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK).
3.      KB kode untuk Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB).
4.      PB kode untuk Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB).
5.      B kode untuk Mata Kuliah  Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).
B. 4 (empat) angka Arab adalah:
§  Angka ke-1 menunjukan nomor semester.
§  Angka ke-2 menunjukan bobot sks mata kuliah.
§  Angka ke-3 dan ke-4 menunjukan nomor urut mata kuliah pada kelompok mata kuliah tertentu.
Misalnya : PK-1201 Kewarganegaraan, artinya:
Kewarganegaraan termasuk:
§  Kelompok mata kuliah Pengembangan Kepribadian – PK (dua huruf Latin).
§  Dikuliahkan pada semester 1 (satu) – (angka pertama).
§  Bobot 2 (dua) sks – (angka ke-2).
§  Nomor urut mata kuliah pada kelompok mata kuliah tertentu 01 – (angka ke-3 dan ke-4).
5. Rincian Mata Kuliah Pada Tiap – Tiap Semester
Semester I
No.
Kode MK
Mata Kuliah
sks
Keterangan
1
PK-1201
Kewarganegaraan
2
Kur. Inti
2
KK-1203
Pengantar Hermeneutik PL
3
Kur. Inti
3
KK-1205
Pengantar Hermeneutik PB
3
Kur. Inti
4
KK-1209
Psikologi Umum
2
Kur. Inti
5
PK-1203
Bahasa Inggris
2

6
PK-1202
Bahasa Indonesia
2

7
KK-1201
Bahasa Ibrani
2

8
KK-1307
Met.Bel. & Pen. Karya Ilmiah
3

9
KK-2202
Bahasa Yunani
2




21


Semester II
No.
Kode MK
Mata Kuliah
sks
Keterangan
1
PK-2205
Komunikasi
2
Kur. Inti
2
KK-2204
Hermeneutik PL I
2
Kur. Inti
3
KK-2206
Hermeneutik PB I
2
Kur. Inti
4
KK-2208
Pemb. Teologi Sistematika
2
Kur. Inti
5
KK-2211
Psikologi Pendidikan
2
Kur. Inti
6
KK-2212
Teori Belajar Dalam PAK
2
Kur. Inti
7
KB-2201
Kurikulum PAK
2
Kur. Inti
8
PB-2201
Musik Gereja
2
Kur. Inti
9
KK-2210
Psikologi Perkembangan
2
Kur. Inti
10
KK-1304
Pengantar Filsafat
3




21



Semester III
No.
Kode MK
Mata Kuliah
Sks
Keterangan
1
PK-3206
Sosiologi
2
Kur. Inti
2
KB-3205
Etika Kristen
3
Kur. Inti
3
KB-3207
Pembimbing PAK I
2
Kur. Inti
4
PB-3202
Didaktik Metodik I
2

5
KK-3215
Agama Islam
2

6
KB-3209
Sejarah Gereja Umum
2

7
KK-3214
Hermeneutika
2

8
KB-3213
Teori Belajar II
2

9
K-3202
Kurikulum PAK II
2

10
KK-5218
Liturgika
2

11
PB-5206
Agama dan Masyarakat
2




23

Semester IV
No.
Kode MK
Mata Kuliah
Sks
Keterangan
1
KK-4216
Filsafat Pendidikan
2
Kur. Inti
2
KB-3303
Dogmatika I
3
Kur. Inti
3
KB-4210
Sejarah Gereja Asia
2
Kur. Inti
4
KB-4208
Pembimbing PAK II
2
Kur. Inti
5
PB-4204
Homiletika
2
Kur. Inti
6
KB-4212
Teologi PL
2

7
KB-4213
Teologi PB
2

8
KB-4214
Tafsir PL I
2

9
KB-4216
Tafsir PB I
2

10
KB-4206
Etika II
3

11
PB-4203
Didaktik Metodik II
2




24


Semester V
No.
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
Keterangan
1
KB-5211
Sejarah Gereja Indonesia
2
Kur. Inti
2
KB5222
Strategi Pembelajaran PAK
2
Kur. Inti
3
PB-5205
Kateketika
2
Kur. Inti
4
KB-5215
Tafsir PL II
2

5
KB-5217
Tafsir PB II
2

6
KK-6219
Pendidikan Kesehatan Masyarakat Desa
2

7
PB-5207
Teologi Agama-Agama
2

8
KB-5221
Administrasi PAK
2

9
KB-5219
PPSI  I
2


KB-4304
Dogmatika II
3
Kur. Inti

KB-6228
Profesi Keguruan PAK
2




23 SKS

Semester VI
No.
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
Keterangan
1
KK-6220
Metodologi Penelitian
2
Kur. Inti
2
KB-6223
PAK Anak – Anak
2
Kur. Inti
3
KB-6224
PAK Remaja/Pemuda
2
Kur. Inti
4
KB-6225
PAK Dewasa
2
Kur. Inti
5
KB-5218
Ekklesiologi
2

6
KB-6327
Media Pembelajaran PAK
3

7
KK-5217
Pembangunan  Masyarakat Desa
2

8
KB-6220
PPSI  II
2

9
PB-6208
Missiologi
2
Kur. Inti
10
PB-6209
Bimbingan Konseling
2
Kur. Inti
11
KB-6226
Evaluasi PAK
2
Kur. Inti



23 SKS

 Semester VII
No.
Kode MK
Mata Kuliah
sks
Keterangan
1
BB-7201
Kuliah Kerja Usaha ( KKU )
2

2
BB-7602
Praktek Pengenalan Lapangan ( PPL )
6
Kur. Inti



8


Semester VIII
No.
Kode MK
Mata Kuliah
sks
Keterangan
1

BB-8603
Skripsi
6
Kur. Inti



6

                                                                                  
Kurikulum Inti                                     : 34 Mata Kuliah = 80 sks (54 %)
Kurikulum Institusional / Lokal           : 32 Mata Kuliah = 69 sks (46 %)
Keseluruhan                                        : 66 Mata Kuliah / 149 sks.
                   
6. Tujuan / Kompetensi Mata Kuliah

I. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

Tujuan: Untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Kode / Nama Mata Kuliah
Kompetensi Mata Kuliah
(Setelah mata kuliah ini, mahasiswa …)
PK-1201
Kewarganegaraan
* Mampu menerapkan nilai-nilai pancasila  
   dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan 
   bermasyarakat.

PK-1202
Bahasa Indonesia
* Mampu menguasai dan menggunakan bahasa               
   Indonesia yang baik dan benar.
PK-1203
Bahasa Inggris
* mampu menguasai structure dan vocabulary
* dapat membaca dan memahami artikel-artikel sederhana bahasa Inggris (cerita-cerita Alkitab dan umum)
* mampu menulis artikel sederhana dalam bahasa Inggris.
PK-1304
Pengantar Filsafat
* mampu mengidentifikasi filsafat sebagai ilmu
   dalam interaksi dengan PAK.
PK-2205
Komunikasi
* mampu mengenal komunikasi yang efektif          
    dari sisi iman kristiani.
PK-3206
Sosiologi
* mampu mengidentifikasi profesinya di    
   tengah  perubahan masyarakat.


II. Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK)

Tujuan : Untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan   ketrampilan tertentu.

KK-1201
Bahasa Ibrani
* mampu menterjemahkan kalimat-kalimat  
   sederhana bahasa Ibrani ke bahasa Indonesia.
KK-2202
Bahasa Yunani
* mampu membaca Alkitab Perjanjian Baru     
    (PB) Yunani.
* dapat menterjemahkan kalimat-kalimat 
    sederhana Bahasa Yunani ke dalam Bahasa   
    Indonesia.
KK-1203
Pemimbing dan Pengetahuan PL I
* mampu menjelaskan sejarah Israel dalam beberapa periode sejarah sebagaimana yang diceritakan dalam Alkitab Perjanjian Lama.
*  dan dapat mempergunakannya dalam
    kehidupan nyata.

KK-2204
Pembimbing dan Pengetahuan PL II
* dapat menjelaskan (secara umum) salah satu dari Kitab Torah dan secara khusus dapat menguraikan bagian/pasal tertentu dari kitab tersebut.
* dan dapat mempergunakannya dalam   
   kehidupan nyata.
KK-1205
Pembimbing dan Pengetahuan PB I
* mampu mengenal isi kitab-kitab Perjanjian
   Baru untuk meyakini kebenarannya.
KK-2206
Pembimbing dan Pengetahuan PB II
* mampu mengenal isi kitab-kitab Perjanjian
   Baru untuk meyakini kebenarannya.

KK-1307
Metode Belajar dan Penulisan Karya Ilmiah
* menguasai metode belajar secara ilmiah dan
   memiliki motivasi.
* mampu membedakan model-model teknis
   penulisan karya ilmiah.
* mampu menulis karya ilmiah seperti paper, makalah, dll, dengan menggunakan bahasa Indonesia baku, seperti penulisan kalimat-kalimat efektif dan pengunaan pararaf yang baik.
KK-2208
Pemb. Teologi Sistimatika
* mampu mengkontradiksikan pemahaman   
   dasar Teologi Sistimatika.

KK-1209
Psikologi Umum
* mampu mengidentifikasikan perkembangan  
   psikologi manusia.
KK-2210
Psikologi Perkembangan
* mampu mengenal tahap-tahap perkembangan   
   psikologis individu dari berbagai perspektif.
KK-2211
Psikologi Pendidikan
* mampu mengidetifikasikan dasar-dasar    
   filosofi pendidikan Indonesia

KK-2212
Teori Belajar Dalam PAK
* mampu menerapkan pola belajar yang efektif  
    dan dinamis.

KK-3213
Teori Belajar Dalam PAK II
* mampu menganalisa beberapa teori belajar dalam konteks PAK
KK-3214
Hermeneutika
* mampu mengenal dan memahami konsep-konsep dasar hermeneutika
KK- 3215
Agama Islam
* mampu mengenal Agama Islam, secara khusus Islam di Indonesia.
* dapat membangun dialog dengan Islam

KK-4216
Filsafat Pendidikan
* mampu mengidentifikasikan dasar-dasar filosofi pendidikan di Indonesia.
KK-5217
PMD
* memiliki kesadaran tentang pentingnya pembangunan di daerah pedesaan.
* mampu memotivasi masyarakat pedesaan untuk membangun di berbagai bidang.
KK-5218
Liturgika
* mampu menjelaskan arti dan peranan liturgi dalam ibadah jemaat.
* mampu menguraikan arti dan urutan unsur-unsur lituri ibadah hari Minggu, ibadah Sakramen dan ibadah-ibadah lainnya.
KK-6219
PKMD
* memiliki kesadaran tentang pentingnya kesehatan bagi masyarakat pedesaan.
*memiliki kemampuan memberikan penyadaran pada masyarakat pedesaan tentang pentingnya kesehatan.
KK- 6220
Metodologi Penelitian

* mampu mendesain sebuah proposal / usulan penelitian.



III. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

Tujuan : Untuk menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan  
               berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
KB-2201
Kurikulum PAK
* mampu menerapkan kurikulum PAK dalam proses pembelajaran
KB-3202
Kurikulum PAK II
* mampu mengevaluasi, merevisi dan membangun kurikulum PAK.
KB-3303
Domatika I
* mampu mengenal doktrin tentang Allah dan penyataan-Nya

KB-4304
Dogmatika II
* mampu mengenal doktrin iman kristen
KB-3205
Etika Kristen
* mampu mengidentifikasikan hakikat etika Kristen.
KB-4206
Etika II
* mampu melakukan penilaian etis
* mampu mengembangkan sikap etis kristiani terhadap isu-isu sosial, politik, ekonomi, seksualitas dan lingkungan hidup.
KB-3207
Pembimbing PAK I
* mampu mengenal sejarah PAK
KB-4208
Pembimbing PAK II
* mampu mengenal hakikat PAK
KB-3209
SGU
* mampu menganalisis pertumbuhan dan perkembangan gereja.
KB-4210
SGA
* mampu mengidentifikasi hakikat gereja
KB-5211
SGI
* mampu mengenal asal-usul gereja Indonesia
KB-4212
Teologi PL
* mampu melakukan refleksi teologis dalam konteks aktual berdasarkan keyakinan-keyakinan teologis kitab-kitab PL
KB-4213
Teologi PB
* mampu melakukan refleksi teologis dalam konteks aktual berdasarkan keyakinan-keyakinan teologis kitab-kitab PB
KB-4214
Tafsir PL I
* mampu menjelaskan proses terjadinya Alkitab PL dan garis besar inti pemberitaan dari masing-masing kitab.
KB-5215
Tafsir PL II
  • dapat menjelaskan (secara umum) salah satu dari kitab sastra hikmat dan Apokaliptik.
  • dapat menguraikan (secara khusus) bagian / pasal dari kitab tersebut.
* dapat merelevansikan makna teks bagi kehidupan konteksnya.


KB-4216
Tafsir PB I
* mampu menggunakan beberapa metode dalam menafsirkan kitab-kitab Injil dan Kisah Para Rasul.
* mampu menyusun refleksi teologis dalam konteks aktual dari kitab-kitab Unjil dan Kisah Para Rasul.
KB-5217
Tafsir PB II
* mampu mengenal dan membedakan beberapa pendekatan dalam menafsirkan Surat – Surat dan Wahyu
* mampu menyusun refleksi teologis sesuai konteks yang aktual.
KB-5218
Ekklesiologi
* mampu menjelaskan hakikat, tugas dan panggilan gereja.
* mampu membedakan tipe-tipe organisasi gereja.
* memiliki kemampuan memikirkan tipe-tipe organisasi gereja yang kontekstual.
KB-5219
PPSI  I
* mampu merumuskan tujuan instruksional
* mampu memilih dan menyusun prosedur instruksional yang tepat.
KB-6220
PPSI  II


* mampu melaksanakan program belajar mengajar.
* mampu mengenal kemampuan anak didik
KB-5221
Administrasi PAK
* mampu menerapkan pola-pola pengaturan, penataan dan pengelolaan PAK di sekolah dan di luar sekolah.
KB-5222
Strategi Pembelajaran PAK

* mampu menerapkan prosedur belajar mengajar yang sesuai dalam PAK
KB-6223
PAK Anak-Anak
* mampu mengidentifikasi pelaksanaan |PAK sesuai tahap perkembanan usia anak-anak.

KB-6224
PAK Remaja / Pemuda
* mampu mengidentifikasi pelaksanaan PAK sesuai tahap perkembangan usia remaja / pemuda.
KB-6225
PAK Dewasa

* mampu mengidentifikasi pelaksanaan PAK sesuai tahap perkembangan usia dewasa.
KB-6226
Evaluasi PAK

* mampu menerapkan penilaian keberhasilan PAK
KB-6327
Media Pembelajaran PAK
* memahami dan mengenal bermacam-macam media bagi pembelajaran PAK.
* mampu menyusun program pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.
* memiliki ketrampilan dan mampu mendesain proram pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dalam suatu proses belajar mengajar.
KB-6228
Profesi Keguruan PAK
* mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar profesi keguruan dan melaksanakan kompetensi dasar guru.
IV. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

Tujuan : untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya  menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
PB-2201
Musik Gereja
* mampu mengenal musik gereja dalam pelaksanaan PAK
PB-3202
Didaktik Metodik I
* memahami dan menguasai azaz-azaz mengajar dan bentuk-bentuk pengajaran yang bermuara pada cara belajar siswa aktif.

PB-4203
Didaktik Metodik II
* menguasai metode dan teknik mengajar PAK
PB-4204
Homiletika
* mampu menerapkan pelaksanaan pemberitaan Firman Tuhan
PB-5205
Kateketika
* mampu mengenal hakikat katekisasi
PB-5206
Agama & Masyarakat
* mampu menjelaskan keterkaitan antara sosiologi dan agama
* mampu menganalisis bagaimana sosiologis dapat dilakukan terhadap agama dan bagaimana agama mempenaruhi kehidupan bermasyarakat.
PB-5207
Teologi Agama-Agama
* mampu mengkaji relasi yang baik secara teologis antar masyarakat yang berbeda agama dan kebudayaan.
PB-6208
Misiologi
* mampu mengidentifikasi pelaksanaan pekabaran Injil.
PB-6209
Bimbingan Konseling
* mampu menerapkan prinsip-prinsip bimbingan konseling dalam pelaksanaan PAK


V. Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB)


Tujuan : Untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
BB-7201
KKU






* memperoleh pengalaman dalam pengembangan usaha-usaha ekonomi produktif dan usaha-usaha lainnya yang berkaitan dengan pembangunan di berbagai bidang dalam masyarakat.
* memiliki ketrampilan mengelola masalah-masalah sosial secara analisis, proyektif, komprehensif dan terprogram.

BB-7602
PPL
* memperoleh pengalaman dan pengembangan pengajaran di sekolah.
* mampu mempraktekan teori yang diterima dan terampil dalam mengelola masalah-masalah PAK.
BB-8603
Skripsi
* memiliki pengetahuan dan keterampilan pada semua bidang ilmu teologi dengan bertitik tolak pada PAK
* mampu berteologi yang kontekstual dan relevan di bidang PAK.
PENYEBARAN KURIKULUM S-1 TEOLOGI PRORAM STUDI PAK/
ALUR PENGAMBILAN MATAKULIAH

No
KMK
MATA KULIAH
SEMESTER



SKS
I
II
III
IV
V
VI
VII
VIII
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
I. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
(MPK)
1
PK-1201
Kewarganegaraan
2
1







2
PK-1202
Bahasa Indonesia
2
1







3
PK-1203
Bahasa Inggris
2
1







4
KK-1304
Pengantar Filsafat
2
1







5
PK-2205
Komunikasi
2

2






6
PK-3206
Sosiologi
2


3





II. Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian
(MKK)
1
KK-1201
Bahasa Ibrani
2
1







2
KK-2202
Bahasa Yunani
2

2






3
KK-1203
Pemb. & Pengetahuan PL I
2
1







4
KK-2204
Pemb. & Pengetahuan PL II
2

2






5
KK-1205
Pemb. & Pengetahuan PB I
2
1







6
KK-2206
Pemb. & Pengetahuan PB II
2

2






7
KK-1307
Mettode Bel.ajar dan Penulisan Karya Ilmiah
3
1







8
KK-2208
Pemb. Teologi Sistematika
2

2






9
KK-1209
Psikologi Umum
2
1







10
KK-2210
Psikologi Perkembangan
2

2






11
KK-2211
Psikologi Pendidikan
2

2






12
KK-2212
Teori Belajar Dalam PAK
2

2






13
KB-3213
Teori Belajar II
2


3






14
KK-3214
Hermeneutika
2


3





15
KK-3215
Agama Islam
2


3





16
KK-4216
Filsafat Pendidikan
2



4




17
KK-5217
PMD
2




5



18
KK-5218
Liturgika
2




5



19
KK-6219
PKMD
2





6


20
KK-6220
Metodologi Penelitian
2





6




III. Mata Kuliah Keahlian Berkarya
(MKB)
1
KB-2201
Kurikulum PAK
2

2






2
KB-3202
Kurikulum PAK II
2


3





3
KB-3303
Dogmatika I
3


3





4
KB-4304
Dogmatika II
3



4




5
KB-3205
Etika Kristen
3


3





6
KB-4206
Etika II
3



4




7
KB-3207
Pembimbing PAK I
2


3





8
KB-4208
Pembimbing PAK II
2



4




9
KB-3209
Sejarah Gereja Umum
2


3





10
KB-4210
Sejarah Gereja Asia
2



4




11
KB-5211
Sejarah Gereja Indonesia
2




5



12
KB-4212
Teologi PL
2



4




13
KB-4213
Teologi PB
2



4




14
KB-4214
Tafsir PL I
2



4




15
KB-5215
Tafsir PL II
2




5



16
KB-4216
Tafsir PB I
2



4




17
KB-5217
Tafsir PB II
2




5



18
KB-5218
Ekklesiologi
2




5



19
KB-5219
PPSI  I
2




5



20
KB-6220
PPSI  II
2





6


21
KB-5221
Administrasi PAK
2




5



22
KB5222
Strategi Pembelajaran PAK
2




5



23
KB-6223
PAK Anak – Anak
2





6


24
KB-6224
PAK Remaja/Pemuda
2





6


25
KB-6225
PAK Dewasa
2





6


26
KB-6226
Evaluasi PAK
2





6


27
KB-6327
Media Pembelajaran PAK
3





6


28
KB-6228
Profesi Keguruan PAK
2





6



IV. Mata Kuliah Perilaku Berkarya
(MPB)
1
PB-2201
Musik Gereja
2

2






2
PB-3202
Didaktik Metodik I
2


3





3
PB-4203
Didaktik Metodik II
2



4




4
PB-4204
Homiletika
2



4




5
PB-5205
Kateketika
2




5




6
PB-5206
Agama dan Masyarakat
2




5



7
PB-5207
Teologi Agama-Agama
2




5



8
PB-6208
Missiologi
2





6


9
PB-6209
Bimbingan Konseling
2





6


V. Mata Kuliah Berkehidupan Bersama
(MBB)
1
BB-7201
KKU
2






7

2
BB-7602
PPL
6






7

3
BB-8603
Skripsi
6







8












TAHUN
I
II
III
IV
SEMESTER
1
2
3
4
5
6
7
8
MPK
Kewarganegaraan (2)
Bhs.Inggris            (2)
Bhs. Indonesia      (2)

Komunikasi         ( 2)
Pengantar Filsafat (3)
Sosiologi               (2)





MKK
Bahasa Ibrani      (2)
Pemb.&Peng PL   (2)
Pemb.&Peng PB   (2)
Met.Bel.&Pen Karya lmiah                     (3)
Psikologi Umum    (2)
Bahasa Yunani      (2)

Hermeneutik PL I     (2)
Hermeneutik PB I    (2)
Pemb.Teol.Sisti.     ( 2)
Pskologi Perkm.      (2)
Psikologi Pend.       (2)
Teori Blj.Dlm PAK I   (2)

Teori Blj.Dlm Pak II  (2)
Hermeneutika           (2)
Agama Islam            (2)
Liturgika                    (2)
Fils. Pendidikan (2)





PKMD                (2)


PMD                     (2) Met.Penelitian    (2)









S


K


R


   I 


P


S


I

(6)
MKB

Kurikulum PAK I      (2)
Kurikulum PAK I I  (2)
Etika Kristen          (3)
Pemb. PAK I          (2)
Sej.Gereja Umum  (2)


Dogmatika I           (3) Sej.Gereja Asia    (2)
Etika II                   (3)
Pemb. PAK II       ( 2)
Teologi PL           ( 2)
Teologi PB           ( 2)
Tafsir PL I             ( 2)
Tafsir PB I           ( 2)

Dogmatika II     (3)
Tafsir PL II            (2)
Tafsir PB II            (2)
PPSI  I                  (2)
Administrasi PAK  (2)
Strategi Pemb. PAK  (2)  
Sej Gereja Indonesia (2)
Prof. Keguruan PAK  (2)           


PPSI  II               (2)
PAK Anak-anak  (2)
PAK Remaja/
Pemuda              (2)
PAK Dewasa      (2)
Evaluasai PAK   (2)
Media Pmbl.PAK (3)
Eklesiologi            (2)






MPB

Musik Gereja          (2)
Didaktik Metodik I (2) Agama & Masy.    (2)

Didaktik Metodik II (2)
Homiletika              (2)
Kateketika          2
Teol.Agama2      2
Misiologi              (2)
Bimb.Konseling   (2)

MBB






KKU   2            
PPL    6               
Jumlah
21
21
22
24
24
21
8
6 sks