A. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
1. VISI DAN MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
VISI: Tempat belajar guru agama yang baik (TERANGI)
MISI:
1. Menghasilkan tenaga pendidik yang professional
2. Menghasilkan tenaga pendidik yang berdedikasi dalam pengabdian.
2. Kurikulum
Kurikulum program studi PAK berdasarkan Kurikulum Inti yang dikeluarkan oleh Departemen Agama Dirjen Bimas Kristen tahun 2007 yang juga mengacu pada UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan serta SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000 tentang Penyusunan kurikulum dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Nomor 045/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
3. Pembagian Mata Kuliah sesuai Kelompok Kompetensi
Berdasarkan latar belakang pemikiran sebagaimana dijelaskan di atas, maka Kurikulum S-1 Teologi Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Fakultas Teologi Universitas Halmahera tahun 2009 – 2014 disusun sesuai kelompok kompetensi, yang dibagi menjadi 5 kelompok sebagai berikut:
1. MPK = Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
Kelompok mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
2. MKK = Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian
Kelompok mata kuliah ini bertujuan memberikan landasan penguasaan ilmu ketrampilan tertentu.
3. MKB = Mata Kuliah Keahlian Berkarya
Kelompok mata kuliah ini bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
4. MPB = Mata Kuliah Perilaku Berkarya
Kelompok mata kuliah ini bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.
5. MBB = Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat
Kelompok mata kuliah ini bertujuan untuk dapat memahami kaidah berkehidupan masyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Fakultas Teologi Universitas Halmahera merupakan kombinasi antara kurikulum yang berlaku Nasional (Kurikulum Inti) dan kurikulum lokal (Institusional).
4. Keterangan Kode Mata Kuliah
Jumlah seluruh mata kuliah dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Fakultas Teologi Universitas Halmahera tahun 2008 adalah 66 mata kuliah, dan jumlah sks adalah 147. Demi memudahkan penulisan dan perincian matakuliah-matakuliah tersebut, dipergunakan Sandi (kode) yang terdiri dari 2 huruf Latin dan 4 angka Arab dengan ketentuan sebagai berikut:
A. 2 (dua) huruf Latin tersebut adalah:
1. PK kode untuk Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
2. KK kode untuk Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK).
3. KB kode untuk Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB).
4. PB kode untuk Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB).
5. B kode untuk Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).
B. 4 (empat) angka Arab adalah:
§ Angka ke-1 menunjukan nomor semester.
§ Angka ke-2 menunjukan bobot sks mata kuliah.
§ Angka ke-3 dan ke-4 menunjukan nomor urut mata kuliah pada kelompok mata kuliah tertentu.
Misalnya : PK-1201 Kewarganegaraan, artinya:
Kewarganegaraan termasuk:
§ Kelompok mata kuliah Pengembangan Kepribadian – PK (dua huruf Latin).
§ Dikuliahkan pada semester 1 (satu) – (angka pertama).
§ Bobot 2 (dua) sks – (angka ke-2).
§ Nomor urut mata kuliah pada kelompok mata kuliah tertentu 01 – (angka ke-3 dan ke-4).
5. Rincian Mata Kuliah Pada Tiap – Tiap Semester
Semester I
No. | Kode MK | Mata Kuliah | sks | Keterangan |
1 | PK-1201 | Kewarganegaraan | 2 | Kur. Inti |
2 | KK-1203 | Pengantar Hermeneutik PL | 3 | Kur. Inti |
3 | KK-1205 | Pengantar Hermeneutik PB | 3 | Kur. Inti |
4 | KK-1209 | Psikologi Umum | 2 | Kur. Inti |
5 | PK-1203 | Bahasa Inggris | 2 | |
6 | PK-1202 | Bahasa Indonesia | 2 | |
7 | KK-1201 | Bahasa Ibrani | 2 | |
8 | KK-1307 | Met.Bel. & Pen. Karya Ilmiah | 3 | |
9 | KK-2202 | Bahasa Yunani | 2 | |
| | | 21 | |
Semester II
No. | Kode MK | Mata Kuliah | sks | Keterangan |
1 | PK-2205 | Komunikasi | 2 | Kur. Inti |
2 | KK-2204 | Hermeneutik PL I | 2 | Kur. Inti |
3 | KK-2206 | Hermeneutik PB I | 2 | Kur. Inti |
4 | KK-2208 | Pemb. Teologi Sistematika | 2 | Kur. Inti |
5 | KK-2211 | Psikologi Pendidikan | 2 | Kur. Inti |
6 | KK-2212 | Teori Belajar Dalam PAK | 2 | Kur. Inti |
7 | KB-2201 | Kurikulum PAK | 2 | Kur. Inti |
8 | PB-2201 | Musik Gereja | 2 | Kur. Inti |
9 | KK-2210 | Psikologi Perkembangan | 2 | Kur. Inti |
10 | KK-1304 | Pengantar Filsafat | 3 | |
| | | 21 | |
Semester III
No. | Kode MK | Mata Kuliah | Sks | Keterangan |
1 | PK-3206 | Sosiologi | 2 | Kur. Inti |
2 | KB-3205 | Etika Kristen | 3 | Kur. Inti |
3 | KB-3207 | Pembimbing PAK I | 2 | Kur. Inti |
4 | PB-3202 | Didaktik Metodik I | 2 | |
5 | KK-3215 | Agama Islam | 2 | |
6 | KB-3209 | Sejarah Gereja Umum | 2 | |
7 | KK-3214 | Hermeneutika | 2 | |
8 | KB-3213 | Teori Belajar II | 2 | |
9 | K-3202 | Kurikulum PAK II | 2 | |
10 | KK-5218 | Liturgika | 2 | |
11 | PB-5206 | Agama dan Masyarakat | 2 | |
| | | 23 | |
Semester IV
No. | Kode MK | Mata Kuliah | Sks | Keterangan |
1 | KK-4216 | Filsafat Pendidikan | 2 | Kur. Inti |
2 | KB-3303 | Dogmatika I | 3 | Kur. Inti |
3 | KB-4210 | Sejarah Gereja Asia | 2 | Kur. Inti |
4 | KB-4208 | Pembimbing PAK II | 2 | Kur. Inti |
5 | PB-4204 | Homiletika | 2 | Kur. Inti |
6 | KB-4212 | Teologi PL | 2 | |
7 | KB-4213 | Teologi PB | 2 | |
8 | KB-4214 | Tafsir PL I | 2 | |
9 | KB-4216 | Tafsir PB I | 2 | |
10 | KB-4206 | Etika II | 3 | |
11 | PB-4203 | Didaktik Metodik II | 2 | |
| | | 24 | |
Semester V
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Keterangan |
1 | KB-5211 | Sejarah Gereja Indonesia | 2 | Kur. Inti |
2 | KB5222 | Strategi Pembelajaran PAK | 2 | Kur. Inti |
3 | PB-5205 | Kateketika | 2 | Kur. Inti |
4 | KB-5215 | Tafsir PL II | 2 | |
5 | KB-5217 | Tafsir PB II | 2 | |
6 | KK-6219 | Pendidikan Kesehatan Masyarakat Desa | 2 | |
7 | PB-5207 | Teologi Agama-Agama | 2 | |
8 | KB-5221 | Administrasi PAK | 2 | |
9 | KB-5219 | PPSI I | 2 | |
| KB-4304 | Dogmatika II | 3 | Kur. Inti |
| KB-6228 | Profesi Keguruan PAK | 2 | |
| | | 23 SKS | |
Semester VI
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Keterangan |
1 | KK-6220 | Metodologi Penelitian | 2 | Kur. Inti |
2 | KB-6223 | PAK Anak – Anak | 2 | Kur. Inti |
3 | KB-6224 | PAK Remaja/Pemuda | 2 | Kur. Inti |
4 | KB-6225 | PAK Dewasa | 2 | Kur. Inti |
5 | KB-5218 | Ekklesiologi | 2 | |
6 | KB-6327 | Media Pembelajaran PAK | 3 | |
7 | KK-5217 | Pembangunan Masyarakat Desa | 2 | |
8 | KB-6220 | PPSI II | 2 | |
9 | PB-6208 | Missiologi | 2 | Kur. Inti |
10 | PB-6209 | Bimbingan Konseling | 2 | Kur. Inti |
11 | KB-6226 | Evaluasi PAK | 2 | Kur. Inti |
| | | 23 SKS | |
Semester VII
No. | Kode MK | Mata Kuliah | sks | Keterangan |
1 | BB-7201 | Kuliah Kerja Usaha ( KKU ) | 2 | |
2 | BB-7602 | Praktek Pengenalan Lapangan ( PPL ) | 6 | Kur. Inti |
| | | 8 | |
Semester VIII
No. | Kode MK | Mata Kuliah | sks | Keterangan |
1 | BB-8603 | Skripsi | 6 | Kur. Inti |
| | | 6 | |
Kurikulum Inti : 34 Mata Kuliah = 80 sks (54 %)
Kurikulum Institusional / Lokal : 32 Mata Kuliah = 69 sks (46 %)
Keseluruhan : 66 Mata Kuliah / 149 sks.
6. Tujuan / Kompetensi Mata Kuliah
I. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Tujuan: Untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. | |
Kode / Nama Mata Kuliah | Kompetensi Mata Kuliah (Setelah mata kuliah ini, mahasiswa …) |
PK-1201 Kewarganegaraan | * Mampu menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. |
PK-1202 Bahasa Indonesia | * Mampu menguasai dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
PK-1203 Bahasa Inggris | * mampu menguasai structure dan vocabulary * dapat membaca dan memahami artikel-artikel sederhana bahasa Inggris (cerita-cerita Alkitab dan umum) * mampu menulis artikel sederhana dalam bahasa Inggris. |
PK-1304 Pengantar Filsafat | * mampu mengidentifikasi filsafat sebagai ilmu dalam interaksi dengan PAK. |
PK-2205 Komunikasi | * mampu mengenal komunikasi yang efektif dari sisi iman kristiani. |
PK-3206 Sosiologi | * mampu mengidentifikasi profesinya di tengah perubahan masyarakat. |
II. Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK) Tujuan : Untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan ketrampilan tertentu. | |
KK-1201 Bahasa Ibrani | * mampu menterjemahkan kalimat-kalimat sederhana bahasa Ibrani ke bahasa Indonesia. |
KK-2202 Bahasa Yunani | * mampu membaca Alkitab Perjanjian Baru (PB) Yunani. * dapat menterjemahkan kalimat-kalimat sederhana Bahasa Yunani ke dalam Bahasa Indonesia. |
KK-1203 Pemimbing dan Pengetahuan PL I | * mampu menjelaskan sejarah Israel dalam beberapa periode sejarah sebagaimana yang diceritakan dalam Alkitab Perjanjian Lama. * dan dapat mempergunakannya dalam kehidupan nyata. |
KK-2204 Pembimbing dan Pengetahuan PL II | * dapat menjelaskan (secara umum) salah satu dari Kitab Torah dan secara khusus dapat menguraikan bagian/pasal tertentu dari kitab tersebut. * dan dapat mempergunakannya dalam kehidupan nyata. |
KK-1205 Pembimbing dan Pengetahuan PB I | * mampu mengenal isi kitab-kitab Perjanjian Baru untuk meyakini kebenarannya. |
KK-2206 Pembimbing dan Pengetahuan PB II | * mampu mengenal isi kitab-kitab Perjanjian Baru untuk meyakini kebenarannya. |
KK-1307 Metode Belajar dan Penulisan Karya Ilmiah | * menguasai metode belajar secara ilmiah dan memiliki motivasi. * mampu membedakan model-model teknis penulisan karya ilmiah. * mampu menulis karya ilmiah seperti paper, makalah, dll, dengan menggunakan bahasa Indonesia baku, seperti penulisan kalimat-kalimat efektif dan pengunaan pararaf yang baik. |
KK-2208 Pemb. Teologi Sistimatika | * mampu mengkontradiksikan pemahaman dasar Teologi Sistimatika. |
KK-1209 Psikologi Umum | * mampu mengidentifikasikan perkembangan psikologi manusia. |
KK-2210 Psikologi Perkembangan | * mampu mengenal tahap-tahap perkembangan psikologis individu dari berbagai perspektif. |
KK-2211 Psikologi Pendidikan | * mampu mengidetifikasikan dasar-dasar filosofi pendidikan Indonesia |
KK-2212 Teori Belajar Dalam PAK | * mampu menerapkan pola belajar yang efektif dan dinamis. |
KK-3213 Teori Belajar Dalam PAK II | * mampu menganalisa beberapa teori belajar dalam konteks PAK |
KK-3214 Hermeneutika | * mampu mengenal dan memahami konsep-konsep dasar hermeneutika |
KK- 3215 Agama Islam | * mampu mengenal Agama Islam, secara khusus Islam di Indonesia. * dapat membangun dialog dengan Islam |
KK-4216 Filsafat Pendidikan | * mampu mengidentifikasikan dasar-dasar filosofi pendidikan di Indonesia. |
KK-5217 PMD | * memiliki kesadaran tentang pentingnya pembangunan di daerah pedesaan. * mampu memotivasi masyarakat pedesaan untuk membangun di berbagai bidang. |
KK-5218 Liturgika | * mampu menjelaskan arti dan peranan liturgi dalam ibadah jemaat. * mampu menguraikan arti dan urutan unsur-unsur lituri ibadah hari Minggu, ibadah Sakramen dan ibadah-ibadah lainnya. |
KK-6219 PKMD | * memiliki kesadaran tentang pentingnya kesehatan bagi masyarakat pedesaan. *memiliki kemampuan memberikan penyadaran pada masyarakat pedesaan tentang pentingnya kesehatan. |
KK- 6220 Metodologi Penelitian | * mampu mendesain sebuah proposal / usulan penelitian. |
III. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) Tujuan : Untuk menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai. | |
KB-2201 Kurikulum PAK | * mampu menerapkan kurikulum PAK dalam proses pembelajaran |
KB-3202 Kurikulum PAK II | * mampu mengevaluasi, merevisi dan membangun kurikulum PAK. |
KB-3303 Domatika I | * mampu mengenal doktrin tentang Allah dan penyataan-Nya |
KB-4304 Dogmatika II | * mampu mengenal doktrin iman kristen |
KB-3205 Etika Kristen | * mampu mengidentifikasikan hakikat etika Kristen. |
KB-4206 Etika II | * mampu melakukan penilaian etis * mampu mengembangkan sikap etis kristiani terhadap isu-isu sosial, politik, ekonomi, seksualitas dan lingkungan hidup. |
KB-3207 Pembimbing PAK I | * mampu mengenal sejarah PAK |
KB-4208 Pembimbing PAK II | * mampu mengenal hakikat PAK |
KB-3209 SGU | * mampu menganalisis pertumbuhan dan perkembangan gereja. |
KB-4210 SGA | * mampu mengidentifikasi hakikat gereja |
KB-5211 SGI | * mampu mengenal asal-usul gereja Indonesia |
KB-4212 Teologi PL | * mampu melakukan refleksi teologis dalam konteks aktual berdasarkan keyakinan-keyakinan teologis kitab-kitab PL |
KB-4213 Teologi PB | * mampu melakukan refleksi teologis dalam konteks aktual berdasarkan keyakinan-keyakinan teologis kitab-kitab PB |
KB-4214 Tafsir PL I | * mampu menjelaskan proses terjadinya Alkitab PL dan garis besar inti pemberitaan dari masing-masing kitab. |
KB-5215 Tafsir PL II |
* dapat merelevansikan makna teks bagi kehidupan konteksnya. |
KB-4216 Tafsir PB I | * mampu menggunakan beberapa metode dalam menafsirkan kitab-kitab Injil dan Kisah Para Rasul. * mampu menyusun refleksi teologis dalam konteks aktual dari kitab-kitab Unjil dan Kisah Para Rasul. |
KB-5217 Tafsir PB II | * mampu mengenal dan membedakan beberapa pendekatan dalam menafsirkan Surat – Surat dan Wahyu * mampu menyusun refleksi teologis sesuai konteks yang aktual. |
KB-5218 Ekklesiologi | * mampu menjelaskan hakikat, tugas dan panggilan gereja. * mampu membedakan tipe-tipe organisasi gereja. * memiliki kemampuan memikirkan tipe-tipe organisasi gereja yang kontekstual. |
KB-5219 PPSI I | * mampu merumuskan tujuan instruksional * mampu memilih dan menyusun prosedur instruksional yang tepat. |
KB-6220 PPSI II | * mampu melaksanakan program belajar mengajar. * mampu mengenal kemampuan anak didik |
KB-5221 Administrasi PAK | * mampu menerapkan pola-pola pengaturan, penataan dan pengelolaan PAK di sekolah dan di luar sekolah. |
KB-5222 Strategi Pembelajaran PAK | * mampu menerapkan prosedur belajar mengajar yang sesuai dalam PAK |
KB-6223 PAK Anak-Anak | * mampu mengidentifikasi pelaksanaan |PAK sesuai tahap perkembanan usia anak-anak. |
KB-6224 PAK Remaja / Pemuda | * mampu mengidentifikasi pelaksanaan PAK sesuai tahap perkembangan usia remaja / pemuda. |
KB-6225 PAK Dewasa | * mampu mengidentifikasi pelaksanaan PAK sesuai tahap perkembangan usia dewasa. |
KB-6226 Evaluasi PAK | * mampu menerapkan penilaian keberhasilan PAK |
KB-6327 Media Pembelajaran PAK | * memahami dan mengenal bermacam-macam media bagi pembelajaran PAK. * mampu menyusun program pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. * memiliki ketrampilan dan mampu mendesain proram pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dalam suatu proses belajar mengajar. |
KB-6228 Profesi Keguruan PAK | * mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar profesi keguruan dan melaksanakan kompetensi dasar guru. |
IV. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) Tujuan : untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai. | |
PB-2201 Musik Gereja | * mampu mengenal musik gereja dalam pelaksanaan PAK |
PB-3202 Didaktik Metodik I | * memahami dan menguasai azaz-azaz mengajar dan bentuk-bentuk pengajaran yang bermuara pada cara belajar siswa aktif. |
PB-4203 Didaktik Metodik II | * menguasai metode dan teknik mengajar PAK |
PB-4204 Homiletika | * mampu menerapkan pelaksanaan pemberitaan Firman Tuhan |
PB-5205 Kateketika | * mampu mengenal hakikat katekisasi |
PB-5206 Agama & Masyarakat | * mampu menjelaskan keterkaitan antara sosiologi dan agama * mampu menganalisis bagaimana sosiologis dapat dilakukan terhadap agama dan bagaimana agama mempenaruhi kehidupan bermasyarakat. |
PB-5207 Teologi Agama-Agama | * mampu mengkaji relasi yang baik secara teologis antar masyarakat yang berbeda agama dan kebudayaan. |
PB-6208 Misiologi | * mampu mengidentifikasi pelaksanaan pekabaran Injil. |
PB-6209 Bimbingan Konseling | * mampu menerapkan prinsip-prinsip bimbingan konseling dalam pelaksanaan PAK |
V. Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB)Tujuan : Untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya. | |
BB-7201 KKU | * memperoleh pengalaman dalam pengembangan usaha-usaha ekonomi produktif dan usaha-usaha lainnya yang berkaitan dengan pembangunan di berbagai bidang dalam masyarakat. * memiliki ketrampilan mengelola masalah-masalah sosial secara analisis, proyektif, komprehensif dan terprogram. |
BB-7602 PPL | * memperoleh pengalaman dan pengembangan pengajaran di sekolah. * mampu mempraktekan teori yang diterima dan terampil dalam mengelola masalah-masalah PAK. |
BB-8603 Skripsi | * memiliki pengetahuan dan keterampilan pada semua bidang ilmu teologi dengan bertitik tolak pada PAK * mampu berteologi yang kontekstual dan relevan di bidang PAK. |
PENYEBARAN KURIKULUM S-1 TEOLOGI PRORAM STUDI PAK/
ALUR PENGAMBILAN MATAKULIAH
No | KMK | MATA KULIAH | SEMESTER | ||||||||
| | | SKS | I | II | III | IV | V | VI | VII | VIII |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 |
I. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) | |||||||||||
1 | PK-1201 | Kewarganegaraan | 2 | 1 | | | | | | | |
2 | PK-1202 | Bahasa Indonesia | 2 | 1 | | | | | | | |
3 | PK-1203 | Bahasa Inggris | 2 | 1 | | | | | | | |
4 | KK-1304 | Pengantar Filsafat | 2 | 1 | | | | | | | |
5 | PK-2205 | Komunikasi | 2 | | 2 | | | | | | |
6 | PK-3206 | Sosiologi | 2 | | | 3 | | | | | |
II. Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK) | |||||||||||
1 | KK-1201 | Bahasa Ibrani | 2 | 1 | | | | | | | |
2 | KK-2202 | Bahasa Yunani | 2 | | 2 | | | | | | |
3 | KK-1203 | Pemb. & Pengetahuan PL I | 2 | 1 | | | | | | | |
4 | KK-2204 | Pemb. & Pengetahuan PL II | 2 | | 2 | | | | | | |
5 | KK-1205 | Pemb. & Pengetahuan PB I | 2 | 1 | | | | | | | |
6 | KK-2206 | Pemb. & Pengetahuan PB II | 2 | | 2 | | | | | | |
7 | KK-1307 | Mettode Bel.ajar dan Penulisan Karya Ilmiah | 3 | 1 | | | | | | | |
8 | KK-2208 | Pemb. Teologi Sistematika | 2 | | 2 | | | | | | |
9 | KK-1209 | Psikologi Umum | 2 | 1 | | | | | | | |
10 | KK-2210 | Psikologi Perkembangan | 2 | | 2 | | | | | | |
11 | KK-2211 | Psikologi Pendidikan | 2 | | 2 | | | | | | |
12 | KK-2212 | Teori Belajar Dalam PAK | 2 | | 2 | | | | | | |
13 | KB-3213 | Teori Belajar II | 2 | | | 3 | | | | | |
14 | KK-3214 | Hermeneutika | 2 | | | 3 | | | | | |
15 | KK-3215 | Agama Islam | 2 | | | 3 | | | | | |
16 | KK-4216 | Filsafat Pendidikan | 2 | | | | 4 | | | | |
17 | KK-5217 | PMD | 2 | | | | | 5 | | | |
18 | KK-5218 | Liturgika | 2 | | | | | 5 | | | |
19 | KK-6219 | PKMD | 2 | | | | | | 6 | | |
20 | KK-6220 | Metodologi Penelitian | 2 | | | | | | 6 | | |
III. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) | |||||||||||
1 | KB-2201 | Kurikulum PAK | 2 | | 2 | | | | | | |
2 | KB-3202 | Kurikulum PAK II | 2 | | | 3 | | | | | |
3 | KB-3303 | Dogmatika I | 3 | | | 3 | | | | | |
4 | KB-4304 | Dogmatika II | 3 | | | | 4 | | | | |
5 | KB-3205 | Etika Kristen | 3 | | | 3 | | | | | |
6 | KB-4206 | Etika II | 3 | | | | 4 | | | | |
7 | KB-3207 | Pembimbing PAK I | 2 | | | 3 | | | | | |
8 | KB-4208 | Pembimbing PAK II | 2 | | | | 4 | | | | |
9 | KB-3209 | Sejarah Gereja Umum | 2 | | | 3 | | | | | |
10 | KB-4210 | Sejarah Gereja Asia | 2 | | | | 4 | | | | |
11 | KB-5211 | Sejarah Gereja Indonesia | 2 | | | | | 5 | | | |
12 | KB-4212 | Teologi PL | 2 | | | | 4 | | | | |
13 | KB-4213 | Teologi PB | 2 | | | | 4 | | | | |
14 | KB-4214 | Tafsir PL I | 2 | | | | 4 | | | | |
15 | KB-5215 | Tafsir PL II | 2 | | | | | 5 | | | |
16 | KB-4216 | Tafsir PB I | 2 | | | | 4 | | | | |
17 | KB-5217 | Tafsir PB II | 2 | | | | | 5 | | | |
18 | KB-5218 | Ekklesiologi | 2 | | | | | 5 | | | |
19 | KB-5219 | PPSI I | 2 | | | | | 5 | | | |
20 | KB-6220 | PPSI II | 2 | | | | | | 6 | | |
21 | KB-5221 | Administrasi PAK | 2 | | | | | 5 | | | |
22 | KB5222 | Strategi Pembelajaran PAK | 2 | | | | | 5 | | | |
23 | KB-6223 | PAK Anak – Anak | 2 | | | | | | 6 | | |
24 | KB-6224 | PAK Remaja/Pemuda | 2 | | | | | | 6 | | |
25 | KB-6225 | PAK Dewasa | 2 | | | | | | 6 | | |
26 | KB-6226 | Evaluasi PAK | 2 | | | | | | 6 | | |
27 | KB-6327 | Media Pembelajaran PAK | 3 | | | | | | 6 | | |
28 | KB-6228 | Profesi Keguruan PAK | 2 | | | | | | 6 | | |
IV. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) | |||||||||||
1 | PB-2201 | Musik Gereja | 2 | | 2 | | | | | | |
2 | PB-3202 | Didaktik Metodik I | 2 | | | 3 | | | | | |
3 | PB-4203 | Didaktik Metodik II | 2 | | | | 4 | | | | |
4 | PB-4204 | Homiletika | 2 | | | | 4 | | | | |
5 | PB-5205 | Kateketika | 2 | | | | | 5 | | | |
6 | PB-5206 | Agama dan Masyarakat | 2 | | | | | 5 | | | |
7 | PB-5207 | Teologi Agama-Agama | 2 | | | | | 5 | | | |
8 | PB-6208 | Missiologi | 2 | | | | | | 6 | | |
9 | PB-6209 | Bimbingan Konseling | 2 | | | | | | 6 | | |
V. Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB) | |||||||||||
1 | BB-7201 | KKU | 2 | | | | | | | 7 | |
2 | BB-7602 | PPL | 6 | | | | | | | 7 | |
3 | BB-8603 | Skripsi | 6 | | | | | | | | 8 |
TAHUN | I | II | III | IV | ||||
SEMESTER | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
MPK | Kewarganegaraan (2) Bhs.Inggris (2) Bhs. Indonesia (2) | Komunikasi ( 2) Pengantar Filsafat (3) | Sosiologi (2) | | | | | |
MKK | Bahasa Ibrani (2) Pemb.&Peng PL (2) Pemb.&Peng PB (2) Met.Bel.&Pen Karya lmiah (3) Psikologi Umum (2) Bahasa Yunani (2) | Hermeneutik PL I (2) Hermeneutik PB I (2) Pemb.Teol.Sisti. ( 2) Pskologi Perkm. (2) Psikologi Pend. (2) Teori Blj.Dlm PAK I (2) | Teori Blj.Dlm Pak II (2) Hermeneutika (2) Agama Islam (2) Liturgika (2) | Fils. Pendidikan (2) | PKMD (2) | PMD (2) Met.Penelitian (2) | | S K R I P S I (6) |
MKB | | Kurikulum PAK I (2) | Kurikulum PAK I I (2) Etika Kristen (3) Pemb. PAK I (2) Sej.Gereja Umum (2) | Dogmatika I (3) Sej.Gereja Asia (2) Etika II (3) Pemb. PAK II ( 2) Teologi PL ( 2) Teologi PB ( 2) Tafsir PL I ( 2) Tafsir PB I ( 2) | Dogmatika II (3) Tafsir PL II (2) Tafsir PB II (2) PPSI I (2) Administrasi PAK (2) Strategi Pemb. PAK (2) Sej Gereja Indonesia (2) Prof. Keguruan PAK (2) | PPSI II (2) PAK Anak-anak (2) PAK Remaja/ Pemuda (2) PAK Dewasa (2) Evaluasai PAK (2) Media Pmbl.PAK (3) Eklesiologi (2) | | |
MPB | | Musik Gereja (2) | Didaktik Metodik I (2) Agama & Masy. (2) | Didaktik Metodik II (2) Homiletika (2) | Kateketika 2 Teol.Agama2 2 | Misiologi (2) Bimb.Konseling (2) | | |
MBB | | | | | | | KKU 2 PPL 6 | |
Jumlah | 21 | 21 | 22 | 24 | 24 | 21 | 8 | 6 sks |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar